Saturday, December 15, 2012

Tempat Menarik di Majalengka




Tempat Menarik di Majalengka


Tulisan ini merupakan catatan awal tentang tempat Wisata Majalengka. Majalengka adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dengan kode area telepon 0233, berbatasan dengan Indramayu di Utara, Cirebon dan Kuningan di Timur, Ciamis dan Tasikmalaya di Selatan, serta Sumedang di Barat. Bagian Utara merupakan dataran rendah, di Selatan berupa pegunungan, dan di Timur ada Gunung Ceremai (3.076 m).

Wisata Majalengka

Curug Baligho, Majalengka
Wisata Majalengka di Dusun Baligho, Desa Padaherang, Kec Sindangwangi, berupa air terjun alami setinggi 30 m yang sumber air airnya berasal dari sungai Padabeunghar.

Curug Cibali, Majalengka
Wisata Majalengka di Desa Cikondang, Kec Cingambul, 39 km dari pusat Kota Majalengka, dengan akses kurang baik, tidak ada angkutan umum, dan belum ada fasilitas pendukung memadai.

Curug Cilutung, Majalengka
Wisata Majalengka di Desa Campaga, Kec Talaga Kulon, 28 Km dari pusat Kota Majalengka, dengan akses cukup baik, namun belum ada angkutan umum.

Curug Muara Jaya, Majalengka
Wisata Majalengka di Desa Argamukti, Kec Argapuradenganr, beketinggian 75 m, dengan jalur alternatif pendakian ke Gunung Ciremai, area berkemah dan upacara adat tahunan Pareresan.

Curug Tonjong, Majalengka
Wisata Majalengka di Desa Teja, 3,5 Km dari Kec Rajagaluh atau Terminal Bus Rajagaluh, dengan hawa pegunungan yang sejuk segar.

Hutan Prabu Siliwangi dan Kolam Renang Talaga Emas Situ Cipadung, Majalengka
Tempat Wisata seluas area 3 Ha di Desa Pajajar, Kec Rajagaluh, 4 km dari terminal Rajagaluh, dengan hutan lindung, kolam renang, pemandian air panas, patilasan Prabu Siliwangi, Sumur Kejayaan, dll.

Kolam Renang Sang Raja, Majalengka
Wisata Majalengka di Kelurahan Cigasong, dekat Terminal Sindangkasih, tempat rekreasi keluarga raja di masa Belanda, dengan pepohonan tua, tugu peninggalan Belanda, arena bermain anak, dll.

Makam Syeh Syarif Arifin, Majalengka
Tempat Wisata di Desa Singdangwasa, Kec Palasah, di jalur Jl. Raya Majalengka – Cirebon, yang menyebarkan Agama Islam dan mengembangkan pertanian di daerah Majalengka.

Museum Talaga Manggung, Majalengka
Wisata Majalengka di Desa Talaga Kulon, Kecamatan Talaga, 30 KM dari kota Majalengka, yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Talaga Manggung (1291 M – 1530 M).
Patung Dinosaurus, Majalengka
Wisata Majalengka di Desa Lemahputih, Kec Lemahsugih, 37 Km dari Kota Majalengka, dengan area taman bermain anak-anak, cafetaria, kolam renang, lapangan golf, dan motorcross.

No comments:

Post a Comment