Thursday, December 13, 2012

Benarkah Fenomena Kiamat 21 Desember 2012?

Masih ingat dengan film yang mengangkat kisah kiamat 2012 pada tahun 2009 lalu? memang ketika menyaksikan film itu dikisahkan Bumi akan mengalami kiamat tepatnya pada tanggal 21 Desember 2012.
Hal ini terungkap pertama kali pada kalender Suku Maya Indian, Jumat 21 Desember 2012. Menurut Suku Maya Indian mengatakan fenomena ini terjadi karena habisnya masa kalender pada kalender suku maya.
Tapi seorang pakar sejarah bernama Andy Herry B Koestanto mengatakan bahwa pada kalender suku maya ini itu bukan pertanda akhir dunia akan tetap hanya kalender biasa saja yang di pakai sehari-hari.
2 bulan menjelang fenomena 2012 NASA meluruskan 6 mitos yang sudah ada dan beradar luas di Dunia, berikut mitosnya:
1. Planet Nibiru
Masih ingat tentang pernyataan planet ini? dikatakan sebelumnya bahwa planet ini akan menabrak bumi ketika fenomena 2012 mendatang, akan tetapi NASA mengatakan bahwa ini hanyalah omong kosong belaka apabila planet ini akan menabrak mungkin planet ini sudah di teliti oleh ilmuwan.
2. Kosmik Planet Sejajar
NASA juga menjelaskan tidak ada planet yang nantinya akan sejajar sama pada orbit untuk waktu dekat ini, Bumi dan juga Matahari selalu sejajar mendekati pusat Galaksi Bima Sakti setiap Desembernya.
3. Badai Matahari
Fenomena ini juga sempat menggegerkan masyarakat dunia, Aktivitas Matahari memang memmiliki siklus yang reguler dan mendekati puncaknya setiap 11 tahun sekali. Pada saat itulah baru terjadi badai matahari yang memutuskan satelit komunikasi diluar angkasa.
4. Letusan Supervulkano
Memang sudah banyak sekali yang terjadi tentang letusan gunung berapi yang ada di Bumi bahkan yang dahsyat sekalipun, akan tetapi letusan gunung seperti itu tidak akan mengakhiri dunia pada 21 Desember 2012 nanti.
NASA juga menambahkan bahwa memang nantinya ada letusan yang terjadi di kawasan kaldera Taman Nasional Yellowstone.
5. Tumbukan Benda Angkasa
Bumi memang tempat paling favorit yang sering menjadi singgahan oleh benda-benda angkasa lain seperti asteroid, meteor dan juga komet. Dan tumbukan terakhir terjadi pada 65 juta tahun lalu yang mengakibatkan punahnya dinosaurus. Tapi NASA menyebutkan bahwa janganlah khawatir karena pada tahun 2012 bulan desember ini tidak akan ada benda seperti itu.
6. Pergeseran Kutub Bumi
Pergeseran kutub di bumi juga menjadi sebuah terjadinya kiamat seperti fenomena 2012 ini, Namun hal itu tidak benar jika terjadi pergeseran kutub di Bumi.
Banyak yang menulis tentang bencana yang salah seperti pergeseran kutub ini tidak hanya itu ada juga yang menulis pergeseran kutub magnetik. Apabila pergeseran kutub bumi itu terjadi juga hanya 400 ribu tahun sekali itupun hanya rata-rata saja. Dan jika benar-benar itu terjadi pada 21 Desember 2012 nanti maka itu tidak menjadi ancaman yang dapat menghancurkan kehidupan di Bumi.
Nah semoga artikel ini bisa meluruskan rumor yang sudah terjadi pada 2012, semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment